CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

 

KOPLING

PENDAHULUAN

  1. 1.         Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga

 

 

5

 

4

 

3

 

2

 

1

 

1

 

 

 

 

  • Kopling

:

Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi

  • Transmisi

:

Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan

  • Poros Penggerak

        ( propeler Shaft )

:

Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi

  • Penggerak Aksel (Gardan)

 

Þ    Penggerak sudut,  untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel

 

 

Þ    Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok

  • Poros Aksel

:

Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda

 

 

  1. 2.           Sistem Penggerak Roda

 

2.1.      Penggerak  Roda Belakang

2.1.1. Motor Di Depan

 

 

Keuntungan 

  • Kenyamanan pada jalan aspal baik

Kerugian 

  • Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang

Contoh pemakaian  : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )

 

2.1.1.   Motor belakang

 

 

Keuntungan 

  • Pada jalan lumpur traksi baik

Kerugian 

  • Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan

 

Contoh pemakaian  :  VW kodok  (lama)  ,  bis Mb dan lain-lain

 

 

2.2.     Penggerak Roda Depan

 

2.2.1. Motor Memanjang

 

Keuntungan 

  • Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil
  • Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang

Kerugian 

  • Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang

Û      Contoh pemakaian  :  Konstruksi lama Misalnya  :  Renault

 

2.2.2. Motor Melintang

 

Keuntungan  :

  • Menghemat tempat
  • Penggerak sudut tidak diperlukan
  • Poros propeler tidak diperlukan lagi

Kerugian  :

  • Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang

Û     Contoh pemakaian  :  pada kebanyakan kendaraan

 

 

2.3.      Penggerak empat roda

 

 

Keuntungan 

  • Traksi sangat baik

 

Kerugian 

  • Harga mahal dan berat

 

Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan   :

  1. Penggerak empat roda selektif
  • Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
  • Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
  1. Penggerak empat roda permanen
  • Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis  :  Diferensial, Kopling Visco )
  • Lebih mahal

 

 

Þ                Contoh pemakaian  :  Kendaraan lapangan, Militer dan lain-lain

Mis : Toyota Land Cruiser, Daihatsu Taft dan lain-lain

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s